<> SELAMAT DATANG DI KAMPOENG "MINAPOLITAN" GONDOSULI <> Contact Email : kampoenglele@gmail.com <>

Sabtu, 18 Agustus 2012

PEMANFAATAN HALAMAN RUMAH DENGAN MENANAM SAYURAN PRODUKTIF

Photobucket Photobucket Photobucket
      Halaman rumah memang sangat cantik bila ditanami bunga - bunga yang beraneka warna. Namun untuk masyarakat dengan ekonomi minus, penanaman bunga - bunga yang hanya melengkapi nilai keindahan merupakan sesuatu hal yang dianggap sebagai pemborosan saja. Selain untuk penghijauan dan penyegaran, pemanfaatan halaman rumah dengan menanam sayur - mayur juga bisa dimanfaatkan untuk menambah ekonomi keluarga. Bayangkan saja dengan memanfaatkan halaman rumah sebagai kebun organik, dengan sistem penanaman sayuran - sayuran yang mempunyai nilai produktif seperti : sawi, kangkung, bayam, wortel dll bisa melakukan pemanenan setiap 2 - 3 minggu sekali. Lumayan kan buat nambah uang jajan anak dan biar dapur tetap ngebul ...bullll ...heee...heee.
      Aspek pemanfaatan halaman rumah akan memberikan tiga nilai, yakni estetika, ekonomi dan aspek hidup sehat, yang akan membantu penghuni dan keluarganya memiliki kehidupan hijau dan sehat. Berkebun di halaman rumah memberikan Anda banyak kreativitas dan alternatif. Kebun organik tidak hanya memberikan lingkungan yang hijau, tetapi yang lebih penting adalah kebun organik memberikan kesehatan menyeluruh. Hasil produksi yang sehat, udara yang sehat, tanah yang sehat, dan sudah pasti sang penghuni memiliki aktivitas sehari-hari yang sehat pula. 
gambar 1
      Bagi yang mempunyai halaman rumah yang sempit tetap bisa berkarya dengan memanfaatkan Polybag / kantong plastik / pot sebagai media penanaman dan diletakkan pada penyangga tanaman yang berjenjang yang terbuat dari kayu atau plat (gambar 1). Dengan menggunakan media tanam seperti Polybag tersebut akan memudahkan pemilik kebun untuk melakukan perawatan, pemanenan dan pemeliharaan pasca panen. 
      Terakhir, kami mengajak pembaca blog ini untuk pandai - pandai memanfaatkan peluang usaha walaupun sarana - prasarana usahanya tersebut sangatlah kecil. Namun hal yang penting adalah niat dan kemauan untuk mengubah sesuatu yang kecil menjadi sesuatu yang lebih baik dan bermanfaat. (Why/Admin)